OLEH
: DUAPULUH5
NO STAMBUK : 201 255 025
MANAJEMEN PEMASARAN
MANAJEMEN PEMASARAN
A. JUDUL : ANALISIS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN PAKET
PADA KANTOR POS ( TEMPAT PENELITIAN )
B.
LATAR BELAKANG MASALAH
Di
era globalisasi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa jasa pengiriman barang sangat
dibutuhkan, baik itu individu ataupun oleh organisasi/perusahaan. Pengiriman
barang (bahan baku, bahan setengah jadi, ataupun barang jadi) yang tidak tepat
waktu dapat menyebabkan terlambatnya penyampaian barang. Inilah yang
menyebabkan konsumen kurang puas dalam pelayanan jasa pengiriman paket.
Hal
ini mengakibatkan tingginya permintaan masyarakat akan jasa sarana pengiriman
barang/paket tersebut, dengan demikian pemasaran jasa pengiriman barang/paket
juga mengalami peningkatan. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat
akan berbagai bentuk pengiriman barang yang berbobot ringan hingga berat maka
jenis pengiriman barang/paket yang ditawarkan semakin bertambah.
PT.
Pos Indonesia (persero) menyediakan jasa dengan banyak produk, salah satunya
adalah layanan paketpos. Jasa pengiriman barang saat ini sudah banyak
persaingan dengan sektor swasta. Untuk itu PT. Pos Indonsia (persero) dituntut
dapat memiliki nilai lebih dalam menghadapi persaingan yaitu melalui
peningkatan pelaksanaan dalam memberikan pelayanannya.
Paketpos
adalah layanan hemat untuk pengiriman barang-barang berharga dalam cakupan
nasional maupun internasional. Ada beberapa keunggulan dalam bidang jasa
paketpos yaitu :
Dijamin penyerahan kiriman PAKETPOS ke alamat
tujuan,
Tarif ekonomis dan kompetitif.
Informasi layanan, tarif dan jaringan kiriman
PAKETPOS
Jaminan ganti rugi atas ketepatan waktu penyerahan
barang dan keamanan isi kiriman.
Jaringan PAKETPOS terintegrasi dan terkoneksi dengan
sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak
dan diketahui.
Jaringan pengiriman barang melalui PAKETPOS
menjangkau seluruh Indonesia (201 kota/ kabupaten) dan terus dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
Pick up service disediakan bagi pengiriman barang dengan PAKETPOS dalam jumlah
tertentu. Demikian juga, layanan tambahan dapat diberikan sesuai dengan
kebutuhan pelanggan bisnis, antara lain berupa : Penyesuaian jangkauan
pelayanan atau Standar Waktu Penyerahan, Pick Up Service, Bukti Pengeposan,
Berita Acara Penyerahan Barang, Jejak Lacak, Garansi, Ganti Rugi, Reporting
atau investigasi yang sifatnya customized by contract dengan tarif negotiable.
Jenis-jenis
layanan pengiriman paket pos yang terdapat pada PT. Pos Indonesia yang berada
di ( tempat penelitian ) meliputi :
1. Paket Pos Biasa
2. Paket Pos Kilat
3.
Paket Pos Express
4. Paket Pos kilat
khusus
Kepuasan Pelanggan
Kepuasan bisa diartikan
sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai (Tjiptono dan
Chandra, 2005: 195). Menurut Oliver (dalam Barnes, 2003: 64) kepuasan adalah
tanggapan pelanggan atas terpenuhinya kebutuhan; sedangkan Kotler (2003: 61) mendefinisikan
kepuasan sebagai perasaan senang atau kecewa seseorang yang dialami setelah
membandingkan antara persepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan
harapan-harapannya.
Lupiyoadi (2001:134)
mendefinisikan Pelanggan adalah seorang individu yang secara continue dan
berulang kali datang ke tempat yang sama untuk memuaskan keinginannya dengan
memiliki suatu produk atau mendapatkan suatu jasa dan memuaskan produk atau
jasa tersebut.
Menurut Gasperz dalam
(Nasution, 2004:101) pelanggan adalah semua orang yang menuntut perusahaan
untuk memenuhi suatu standar kualitas tertentu yang akan memberikan pengaruh
pada performansi perusahaan dan manajemen perusahaan. Dari pendapat para ahli
diatas dapat disimpukan bahwa pelanggan adalah individu yang melakukan pembelian
kebutuhan yang bisa membuat puas dengan membandingkan beberapa aspek seperti
harga, standar kualitas barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan
pribadi dan rumah tangga. 63
Kotler (2004:10) yang menyatakan bahwa kepuasan pelanggan yaitu tingkatan
dimana anggapan kinerja (perceived performance) produk akan sesuai
dengan harapan seorang pelanggan. Bila kinerja produk jauh lebih rendah
dibandingkan harapan pelanggan, pembelinya tidak puas.Sebaliknya bila kinerja
sesuai dengan harapan atau melebihi harapan, pembelinya merasa puas atau merasa
amat gembira. Seiring dengan pendapat diatas Purnomo (2003:195) mengartikan
kepuasan pelanggan sebagai “Perbedaan antara harapan dan kinerja atau hasil
yang diharapkan”, maksudnya bahwa kepuasan pelanggan tercipta jika pelanggan
merasakan output atau hasil pekerjaan sesuai dengan harapan, atau bahkan
melebihi harapan pelanggan. Sesuai dengan pendapat Kuswadi (2004:16) kepuasan
pelanggan yaitu perbedaan antara harapan pelanggan dan persepsi pelanggan
terhadap apa yang diberikan perusahaan.
Menurut Lupiyadi
(2001:158) ada lima faktor utama yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan
kepuasan pelanggan yaitu:
a. Kualitas Produk
Pelanggan akan puas
bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan
berkualitas.
b. Kualitas Pelayanan
Pelanggan akan merasa
puas bila mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan harapan.
c. Emosional
Pelanggan akan merasa
bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum bila seseorang
menggunakan produk yang bermerek dan cenderung mempunyai kepuasan yang lebih
tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi nilai
sosial yang membuat pelanggan menjadi puas dengan merek tertentu.
d. Harga
Produk yang mempunyai
kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan
nilai yang lebih tinggi kepada pelanggannya.
e. Biaya
Pelanggan yang tidak
perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk
mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa
tersebut.
Dari berbagai pendapat
yang dilontarkan para ahli bisa disimpulkan definisi kepuasan pelanggan adalah
respon dari perilaku yang ditunjukkan oleh pelanggan dengan membandingkan
antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Apabila hasil yang
dirasakan dibawah harapan, maka pelanggan akan kecewa, kurang puas bahkan tidak
puas, namun sebaliknya bila sesuai dengan harapan, pelanggan akan puas dan bila
kinerja melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas.
1. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar
belakang diatas maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut :
1) Bagaimana
pelaksanaan pelayanan dalam pemberian jasa paketpos
pada PT. Pos Indonesia ?
2) Apa saja
hambatan-hambatan yang menjadi kendala terhadap pelayanan dalam pemberian jasa
paketpos pada PT. Pos Indonesia ?
2. BATASAN MASALAH
Mengingat permasalahan
yang ada sangatlah luas dan supaya penelitian lebih terarah maka penulis
melakukan pembatasan masalah. Batasan masalahnya sebagai berikut :
1.
Perbedaan persepsi mutu pelayanaan pengiriman barang kilat dan non kilat
konsumen Di Kantor pos ?.
2. bagaimana
mempertahankan loyalitas pelanggan dalam persaingan yang semakin ketat ?.
3. RUMUSAN MASALAH
Melihat dari beberapa
variabel seperti Reliability, Assurance, Empathy, Responsiveness,
dan Tangible menjadi unsur yang paling penting untuk mengukur tingkat
kepuasan konsumen.
Berdasarkan uraian
diatas, masalah yang dapat dikembangkan dalam penelitian dengan rumusan masalah
sebagai berikut :
1. Apakah terdapat
perbedaan persepsi Mutu pelayaan pengiriman kilat dan non kilat konsumen di
Kantor Pos ?.
C. MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN
Maksud dan tujuan dari penelitian
ini adalah untuk membandingkan teori yang didapat dan diperoleh dari bangku
kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan, serta mencari dan mengumpulkannya
hingga dapat menjawab permasalahan - permasalahan yang dihadapi perusahaan.
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah:
1)
Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan dalam pemberian jasa paketpos pada PT. Pos
Indonesia .
2) Untuk mengetahui
hambatan – hambatan yang menjadi kendala terhadap pelayanan dalam memberikan
jasa paketpos pada PT. Pos Indonesia.
D. KEGUNAAN PENELITIAN
Hasil penelitian ini nantinya
diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Secara gari
besar penelitian ini berguna bagi :
1. Bagi Penulis
Kegunaan penelitian ini bagi penulis yaitu untuk dapat
membandingkan teori yang telah didapat di bangku perkuliahan dengan situasi dan
kondisi yang ada pada perusahaan dan kenyataan kerja sehari-hari.
2.
Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
pertimbang serta dapat memberikan suatu informasi yang dapat dipergunakan
sebagai bahan pertimbangan didalam menentukan kebijakan perusahaan untuk
kegiatan selanjutnya.
3.
Bagi pihak lain Hasil dari penelitian ini dapat
digunakan oleh khalayak umum sebagai bahan referensi serta dapat di gunakan
peneliti lain sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya.
E. METODE
PENELITIAN
1.Lokasi
Penelitian
Penelitian ini mengambil lokasi pada kantor Pos Indonesia yang berada di jln km.25 kabupaten/kota
2.Populasi dan Sampel
1.Populasi Penelitian
Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan pelayanan jasa pengiriman paket di kantor pos .
2.Sampel Penelitian
Karena jumlah populasi yang terlalu besar yaitu lebih dari 100 dan keterbatasan dan, waktu, serta tenaga yang dimiliki, maka jumlah sampel yang akan diambil sebanyak 50 responden yang terdapat dalam populasi tersebut. Dimana manurut Arikunto ( 2002 : 112 ) jika populasi lebih dari 100 orang maka diambil sampai 5%-10% atau 20%-30% dari jumlah populasi. Sedangkan menurut Guildford ( 1987 : 125 ) jumlah sampel yang diambil adalah lebih besar dari persyaratan minimal sebanyak 30 responden dimana semakin besar sampel akan memberikan hasil yang lebih akurat.
3.Jenis dan Sumber Data
a.Jenis Data
Jenis data dalam penelitian ini berupa :
1.Data Kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, skema, dan gambar, seperti literature-literatur serta teori-teori yang berkaitan dengan penelitian penulis.
2.Data Kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan ( scoring ).
b.Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini berupa :
1.Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui wawancara dan kuesioner di lapangan.
2.Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain. Biasanya sudah dalam bentuk publikasi saperti data yang diperoleh dari situasi-situasi internet dan data lainnya yang berhubungan langsung dengan objek yang diteliti.
4.Teknik Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah :
a.Interview, yaitu suatu metode pengumpulan data dengan cara mengadakan wawancara langsung dengan responden dengan bantuan daftar pertanyaan untuk mengumpulkan data primer.
b.Kuesioner, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis pada responden untuk menjawab.
Penelitian ini mengambil lokasi pada kantor Pos Indonesia yang berada di jln km.25 kabupaten/kota
2.Populasi dan Sampel
1.Populasi Penelitian
Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan pelayanan jasa pengiriman paket di kantor pos .
2.Sampel Penelitian
Karena jumlah populasi yang terlalu besar yaitu lebih dari 100 dan keterbatasan dan, waktu, serta tenaga yang dimiliki, maka jumlah sampel yang akan diambil sebanyak 50 responden yang terdapat dalam populasi tersebut. Dimana manurut Arikunto ( 2002 : 112 ) jika populasi lebih dari 100 orang maka diambil sampai 5%-10% atau 20%-30% dari jumlah populasi. Sedangkan menurut Guildford ( 1987 : 125 ) jumlah sampel yang diambil adalah lebih besar dari persyaratan minimal sebanyak 30 responden dimana semakin besar sampel akan memberikan hasil yang lebih akurat.
3.Jenis dan Sumber Data
a.Jenis Data
Jenis data dalam penelitian ini berupa :
1.Data Kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, skema, dan gambar, seperti literature-literatur serta teori-teori yang berkaitan dengan penelitian penulis.
2.Data Kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan ( scoring ).
b.Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini berupa :
1.Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui wawancara dan kuesioner di lapangan.
2.Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain. Biasanya sudah dalam bentuk publikasi saperti data yang diperoleh dari situasi-situasi internet dan data lainnya yang berhubungan langsung dengan objek yang diteliti.
4.Teknik Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah :
a.Interview, yaitu suatu metode pengumpulan data dengan cara mengadakan wawancara langsung dengan responden dengan bantuan daftar pertanyaan untuk mengumpulkan data primer.
b.Kuesioner, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis pada responden untuk menjawab.
5.Teknik analisis data
1. Pengumpulan data
Pengumpulan data dalam
hal ini berupa data-data mentah dari hasil penelitian, yaitu hasil wawancara
dan dokumentasi.
2. Reduksi data
Setelah data terkumpul
dari hasil pengamatan, wawancara, catatan lapangan, serta bahan-bahan data lain
yang ditemukan di lapangan dikumpulkan dan diklasifikasikan dengan membuat
catatan-catatan ringkasan, mengkode untuk menyesuaikan menurut hasil
penelitian.
3. Penyajian data
(display data)
Data yang sudah
dikelompokkan dan sudah disesuaikan dengan kode-kodenya, kemudian disajikan
dalam bentuk tulisan deskriptif agar mudah dipahami secara keseluruhan dan juga
dapat menarik kesimpulan untuk melakukan penganalisisan dan penelitian
selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://digilib.unpas.ac.id/download.php?id=3209
Akses: 9 April 2018 Pukul: 13.04 WIB
Perdana, S. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan
publik terhadap tingkat kepuasan masyaraka di kecamatan Krembung. Skripsi,
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
PT. Pos Indonesia (PERSERO).
(www.posindonesia.com). Akses: 10 april 2018. Pukul: 21.35 WIB
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
ReplyDeletehanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
WOW Keren nie artikelnya
ReplyDeleteSambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!